separate
logo

Nov 14, 2009

meidy

Bekerja Sambil Kuliah??? Mungkin eggak Ya???

Bekerja merupakan rutinitas yang terkadang membuat Reader merasa seperti tidak ada waktu lagi untuk mengerjakan hal lain di luar pekerjaan. Bagi Reader yang baru saja memasuki dunia kerja setelah melewati jenjang perkuliahan, tentu saja ada jenjang berikutnya yang harus dilewati dan tentunya lebih menantang dibandingkan jenjang sebelumnya.

Dalam tahap awal Reader bekerja banyak sekali hal asing yang Reader belum ketahui, untuk itu, penting adanya adaptasi dalam lingkungan kerja. Contohnya saja adaptasi dalam bertingkah laku, cara bekerja, cara berfikir, menerepakan nilai-nilai kehidupan, hingga adaptasi dalam menentukan tujuan. Semuanya memang akan terasa sangat sulit diawal, dan tidak sedikit yang mengalami stres akibat adaptasi lingkungan kerja, tetapi jangan khawatir, justru stres dapat memacu kelenjar adrenalin yang menyebabkan Reader dapat bekerja lebih keras. Dengan demikian, stres membuat Reader menjadi selangkah lebih maju. Tetapi tidak sedikit yang merasakan gagal dan pada akhirnya memutuskan untuk mengubah haluan dengan mencari pekerjaan baru. Semua pilihan ada ditangan Reader.

Reader menjalani rutinitas yang begitu panjang, mungkin sempat tersirat dibenak Reader bahwa ilmu yang Reader dapatkan dibangku sekolah dan kuliah tidak begitu banyak terpakai didalam pekerjaan Reader. Pikiran Reader tidak banyak digunakan dibandingkan dengan energi yang lebih banyak terserap dan menuntut banyak kekuatan fisik, sehingga Reader merasa otak Reader menjadi tumpul karena terjebak dengan rutinitas yang ada.

Pernahkah Reader berfikir untuk mengasah otak dan keterampilan walaupun Reader sudah bekerja seperti halnya dengan berkuliah, sedangkan hari libur hanya Sabtu dan Minggu. Sebagian orang pasti berfikir mana sempat. Sibuknya pekerjaan begitu menyita waktu, apalagi ditambahkan untuk berkuliah. Banyak program-program yang ditawarkan untuk Reader yang bekerja tetapi ingin melanjutkan kuliah, seperti kuliah ekstensi dihari Sabtu dan Minggu, master degree reguler Senin-Sabtu di malam hari, dan masih banyak lagi program yang ditawarkan oleh kampus atau Universitas yang ada. Sebelum memutuskan untuk bekerja sambil kuliah ada baiknya memikirkan beberapa hal berikut ini dengan matang :

Biaya. Budget yang Reader keluarkan sudah pasti tidak sedikit. Pikirkan banyaknya biaya kuliah yang harus dikeluarkan, perhitungkan juga biaya transport dan makan. Setelah itu, lakukanlah penghematan untuk hal yang sifatnya sekunder, agar cashflow tidak membengkak.

Kenali sistem birokrasi perusahaan. Jika Reader merupakan karyawan baru yang baru saja memulai bekerja, lebih baik Reader simpan dulu keinginan Reader untuk melanjutkan kuliah, karena saat Reader memutuskan untuk kembali kuliah Reader harus bisa melakukan negosiasi dengan pihak kantor untuk mengatur jam kuliah Reader. Awal Reader bekerja biasanya perusahaan ingin menilai seperti apa kinerja Reader dan seberapa loyal Reader dengan perusahaan. Jika baru awal saja Reader sering minta izin, bagaimana reputasi Reader bisa baik dimata perusahaan.

Pengaturan Waktu. Harus pintar dalam mengatur waktu antara padatnya jadwal pekerjaan seperti deadline, meeting, lembur dengan tugas kuliah. Buatlah jadwal kegiatan Reader sebaik mungkin. Tanamkan di dalam diri Reader prinsip kerja keras, karena tujuan kuliah juga merupakan investasi di masa yang akan datang, jadi jangan sia-siakan waktu Reader untuk hal yang tidak berguna. Tetap konsisten menjalani jadwal yang sudah Reader buat.

Buatlah Keputusan. Buatlah keyakinan dalam diri Reader bahwa pekerjaan kantor dapat di kombinasikan dengan tugas-tugas kuliah. Jika tidak, sebaiknya Reader membuat keputusan antara kerja atau kuliah. Karena keduanya sama-sama penting, jika pada akhirnya Reader harus berhenti bekerja untuk sementara waktu menyelesaikan kuliah, jangan disesali karena kuliah juga merupakan aset bagi hidup Reader. Setelah itu kejarlah ketinggalan Reader setelah Reader kembali ke dunia kerja. Jika menurut Reader pekerjaan lebih penting daripada kuliah, buatlah keputusan untuk tidak berkuliah, karena terkadang kita tidak dapat melakukan pekerjaan dalam satu waktu.

Jadi, siapkah Reader melakukan kerja sambil kuliah ?

0 comments:

Post a Comment

logo
Copyright © 2008 by Arts of Meidy's.
Original Template by Clairvo