separate
logo

May 7, 2012

meidy

Kopitiam Oey

 


IMG_1957

Kopitiam Oey ini merupakan warung kopi milik Pak Bondan Winarno, host dari program acara "Wisata Kuliner" di salah satu televisi. Menu utama Kopitiam Oey adalah minuman kopi akan tetapi juga menyajikan minuman lainnya ataupun makanan-makanan untuk kudapan (Snack)

Nama Kopitiam sebenarnya berasal dari kata "kafe tien" (dialek Hokkien) yang artinya Warung Kopi. Sedangkan nama Oey (baca: ui) diambil dari nama marga, dimana Pak Bondan masih dalam garis keturunan marga Oey.
Berdasarkan sejarahnya, para perantau Hainan dulunya memiliki tradisi membuka kopitiam di berbagai kawasan Asia termasuk di beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karena itu menu-menu yang di sajikan dengan tetap mempertahankan cara penyajiannya yakni disedu tanpa menggunakan mesin seperti kopi saring atau Kopi-O.

Ada kesan arsitektur Tionghoa peranakan saat masuk ke dalam kedai kopi ini. Barisan lampion berwarna merah, padanan kain batik pada kelambu dan taplak meja, dan selembar lukisan klasik bergambar seorang Nonya tanpa baju memperkuat kesan peranakan tersebut.

Arsitektur peranakan memang memiliki ciri berupa akulturasi budaya yang kental antara langgam Tiongkok dan Jawa. Perpaduan ini selain sangat romantik, juga memunculkan kesan sederhana yang kuat. Ada kemewahan yang bersahaja dari interior kedai ini. Perlahan kebisingan kota Jakarta pun berlalu, digantikan dengan bayangan saya tentang kehidupan para Babah dan Nonya di sekitar bantaran kali Ciliwung pada abad 17.


Beberapa elemen interior juga menarik perhatian. Seperti wadah lampu yang bergantungan seperti sangkar burung, serta tulisan-tulisan hokkien yang menggantung di pintu selamat datang dengan warna cat yang senada dengan lampion. Cahaya lampu neon perlahan menjadikan suasana ruangan menjadi cozy.

IMG_1948
Daftar menu-menu yang ditawarkan Kopitiam Oey antara lain seperti :
Kopi Toebroek Djawa
Kopi Saring / Kopi-O
Kopi Susu Vietnam
Kopi Taloe Boekittinggi
Ijs Kopi Sisiliana

2011-12-03 10.51.00


Selain menu minuman kopi, Kopitiam Oey juga menyediakan minuman teh serta makanan untuk breakfast, lunch dan dinner. Jika butuh makanan yang sedikit menggugah selera makan, Kopitiam Oey menawarkan menu baru yakni Soto Tangkar Pipi Sapi yang dagingnya diambil dari bagian dalam pipi sapi. Sedangkan untuk kuah Soto Tangkar Pipi Sapi ini hampir mirip dengan soto Betawi, namun yang menjadikannya berbeda yakni tampilan sotonya diberi irisan tomat serta kentang.Kopitiam Oey mulai buka pada pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB

 

Sumber : Harian Lokal

0 comments:

Post a Comment

logo
Copyright © 2008 by Arts of Meidy's.
Original Template by Clairvo